Rakyat Malaysia Akui Batik Warisan Budaya Indonesia

Batik  Warisan Budaya Indonasia

Batik di Surabaya, Indonesia membatik dengan menggunakan canting

Batik

Catatan: Yousri Nur Raja Agam

Yusri mengenakan batik Indonesia

RAMAI-RAMAI masalah batik Indonesia yang konon “dipatenkan” sebagai produk budaya Malaysia, ternyata tidak ditanggapi oleh masyarakat di negeri jiran kita itu. Justru  masyarakat Malaysia mengakui dan menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia. Umumnya para produsen dan pengrajin batik di Malaysia, mengakui asal-usul batik adalah tanah Jawa, di Indonesia.

Batik dari Surabaya, Indonesia

Kami yang membuat batik dan para pengrajin batik di Malaysia ini umumnya berasal dan keturunan dari Indonesia, kata beberapa pengusaha butik dan took batik di Kuala Lumpur, Shah Alam dan Putrajaya. Mereka pun menyatakan bangga atas pengukuhan batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Mereka bangga mengenakan busana batik Indonesia

Menurut mereka, delegasi Malaysia yang belum menjadi delegasi resmi di UNESCO  sewaktu datang ke Abu Dhabi, juga memberi selamat setelah batik dikukuhkan sebagai warisan budaya Indonesia.

Saat rombongan wartawan dari Surabaya melakukan studibanding dan meninjau dari dekat kegitan pembuatan dan bisnis batik di Kota Putrajaya, Selangor, Malaysia, ternyata pembatiknya memang keturunan yang berasal dari Indonesia. Walaupun mererka mengakui, sudah menjadi WN Malaysia. Namun darah dan budaya mereka masih tetap seperti orang Indonesia, hanya bicaranya logat Melayu, Malaysia.

Batik Malaysia di Putrajaya ditulis tanpa cantingIni adalah batik Malaysia yang dibuat du Kota Putrajaya.

Batik Surabaya, Indonesia

UNESCO telah mengetuk palu pengukuhan batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab disaksikan 114 negara delegasi UNESCO. Selain batik, sekarang  Indonesia sedang memproses angklung dan gamelan, sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Perlu diketahui, sebelumnya tahun 2003  Wayang dan tahun 2005 Keris telah lebih dulu dikukuhkan UNESCO  sebagai karya nasional  bangsa Indonesia di daftarkan ke UNESCO. **

2 Tanggapan

  1. hebat.malulah malaysia.
    —————–
    Dik Fikri, ternyata orang Malaysia tidak malu tuh, justru bangga sebagai keluarga setumpun, sesama keturunan Melayu. (Yousri)

  2. […] Rakyat Malaysia Akui Batik Warisan Budaya Indonesia […]
    ————
    Selengkapnya bisa Klik di google, tentang batik dan malaysia (Yousri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: