Halal bi Halal Warga Minang Jawa Timur

Warga Jawa Timur asal Minang, Minggu, 3 Oktober 2010, mengadakan acara “Baralek Gadang” atau pesta besar di rumah gadang Minangkabau, Jalan Gayung Kebunsari 64 Surabaya.

Acara baralek gadang itu sebagai tradisi tahunan di akhir Ramadhan dan memasuki bulan Syawal, merayakan idulfitri 1431 H atau yang dikenal dengan acara halal bi halal.

Dua wakil gubernur hadir pada acara ini. Wakil Gubernur Sumatera Barat Drs.H.Muslim Kasim hadir  mewakili gubernur Sumatera Barat, Dr.Irwan Prayitno. Sedangkan Wagub Jatim Drs.H.Saifullah Yusuf datang mewakili Gubernur Jatim Dr.H.Soekarwo.

Setelah tamu disambut dengan tari “pasambahan” oleh gadis Minang yang tergabung dalam Imami (Ikatan Mahasiswa Minang) Jatim, kedua wagub Sumbar dan Jatim itu langsung memberikan sambutan dan pesan-pesan ke atas panggung. Suasana menjadi meriah, karena kedua wagub itu tampil dengan santai dan mengeluarkan joke-joke yang menarik dan lucu.

Ketua DPW Gebu Minang jatim, Ir.Firdaus HB mengatakan, kegiatan hala bi halal ini akan berlanjut pula dalam waktu tidak lama lagi dengan penandatangan kesepakatan Sister Provinsi Sumbar-Jatim. Berbagai kegiatan kerjasama segera disepakati, antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Jawa Timur.

Tidak hanya itu, pada perhelatan itu nanti juga direncanaka akan memberikan gelar kehormatan adat Minangkabau, berupa Sangsako kepada Gubernur Jatim H.Soekarwo dan Wagub Jatim H.Saifullah Yusuf, ujar Wagub Sumbar H.Muslim Kasim.

Susana tambah semarak, sewaktu rombongan masyarakat Minang yang merantau di daerah Malang menampilkan tari indang. garakan yang serasi dengan tingkah gendang yang bertalu-talu itu membuat suasana semakin meriah.

Tidak kurang dari 10 ribu warga Minang bersama keluarga hadir dalam acara itu. Pengurus Gebu (Gerakan Ekonomi dan Budaya) Minang Jatim bersama Panitia Halal bi halal masyarakat Minang Jatim, juga menampilkan penyanyi yang ikut dalam Indonesia Idol 2010, Windra yang berasal dari Cingkariang, Banuhampu. Windra  masuk enam besar dalam kontes di RCTI itu.

Ada lagi acara yang sangat menarik. Berberda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini acara hala bi halal diramaikan dengan permainan Kim, oleh Kim Pataya dari Padangpanjang. Ternyata, acara permainan kim ini menjadi daya taril luar biasa. Betapa tidak, acara permaianan kim berhadiah ini benar-benar dinikmati oleh warga Jawa Timur asal Minang yang datang dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur.

Permainan Kim ini benar-benar mampu membuat warga Minang yang hadir bertahan hingga pukul 17.00. Di samping asyik mendengarkan lagu-lagu, juga asyik memberi tanda pada angka-angka di kertas Kim. Apalagi panitia menyediakan hadiah yang cukup banyak dari sponsor. Di samping uang tabungan dari Bank Mega, juga ada pesawat TV, DVD dan lemari es. (yra)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: